E-Marketing marketing mix 4p (price,place,promotion,product)

 

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI

BALI INTERNATIONAL INSTITUTE OF TOURISM MANAGEMENT

Terakreditasi B

Berdasarkan Keputusan SK BAN-PT No. 0806/SK/BAN-PT/Akred/III/2017

Jl. Buluh Indah No. 95, Denpasar, Bali







 

SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER 

TAHUN AKADEMIK 2021-2022

 

Program Studi

: Manajemen Perhotelan dan

Pariwisata

Hari/Tanggal

: Selasa, 6 April 2021

Kode MK

: PP-10

Waktu

: 90 Menit

Mata Kuliah

: Strategi Bisnis Pariwisata

SKS

: 3

Dosen

: I Wayan Kartimin, SE.,M.Par

Sifat Ujian

: Buka Buku

 

 Soal 

1.    Dalam membangun bisnis dibidang kepariwisataan ada beberapa bentuk- bentuk badan usaha berupa CV, PT dan Perusahaan Perorangan. Jelaskan pengertian dari ke 3 bentuk badan usaha tersebut serta apa kelemahan dan kebaikanya dari masing-masing badan usaha itu.

2.    Konsep bisnis Franchising (Waralaba) merupakan model bisnis yang menjadi trend bagi pelaku usaha, jelaskan pengertian dan keuntungan dari Franchising.

3.    Jelaskan konsep marketing mix (Product, Price, Place dan Promotion) yang berkaitan dengan bisnis pariwisata.

 

 

SELAMAT BEKERJA

 

 

 

 

 

 

 

Penyelesaian:

 

Nama                          : Robertus Mataufue

Nim                             : 201920100023

Uts                              : Strategi Bisnis

Program                     : Sarjana Pus

 

 

1.      a. Perusahaan Perseorangan

Perusahaan perseorangan Adalah perusahaan yang dikelola dan diawasi  oleh satu orang.

·         Kelebihan Perusahaan Perseorangan

o   Mudah dibentuk dan dibubarkan

o   Bekerja dengan sederhana (relatif)

o   Pengelolaannya sederhana (relatif)

o   Tidak perlu kebijakan pembagian laba

·         Kelemahan Perusahaan Perseorangan

§  Tangung jawab tidak terbatas

§  Kemampuan manajemen terbatas (relatif)

§  Sumber dana terbatas pada pemilik

§  Resiko kegiatan perusahaan ditanggung sendiri

 

 

 

b. Perseroan Komanditer

Adalah persekutuan yang didirikan oleh beberapa orang (sekutu) yang menyerahkan dan mempercayakan uannya untuk dipakai dalam persekutuan.

            Sekutu dalam Perseroan Komanditer dibagi menjadi dua:

            - sekutu komplementer

            - sekutu komanditer

 

            Sekutu Komplementer CV:

            orang yang bersedia memimpin penaturan perusahaan dan bertanggung jawab penuh atas kekayaan pribadinya.

 

 

Sekutu Komanditer CV:

Sekutu yang mempercayakan uangnya dan bertanggung jawab terbatas pada kekayaan yang diikutsertakan dalam perusahaan tersebut.

Kelebihan Perseroan Komanditer

         Modal yang dikumpulkan relatif lebih banyak

         Kemampuan untuk memperoleh kredit lebih besar

         Manajemen dapat didiversifikasikan

         Kesempatan untuk berkembang relatif lebih besar

Kelemahan CV:

         Tanggug jawab tidak terbatas (bagi sekutu komplementer)

         Kelangsungan hidup relatif kurang terjamin

         Relatif sulit untuk menarik kembali investasinya

 

c. Perseroan Terbatas

Adalah suatu badan usaha yang mempunyai kekayaan, hak, serta kewajiban sendiri yang terpisah dari kekayaan, hak, serta kewajiban para pendiri maupun para pemilik.

Kebaikan PT :

         Kelangsungan hidup perusahaan relatif terjamin

         Terbatasnya tanggung jawab, sehingga tidak menimbulkan resiko bagi kekayaan pribadi maupun kekayaan keluarga pemilik

         Saham dapat diperjual belikan dengan relatif mudah

         Kebutuhan modal yang lebih besar akan lebih mudah dipenuhi, sehingga memungkinkan perluasan-perluasan usaha

         Pengelolaan perusahaan dapat dilakukan dengan lebih efisien

 

Kelemahan PT:

         Rahasia tidak terjamin

         Kurangnya hubungan yang efektif antara pemegang saham

 

 

 

 

 

2.      Franchising (Waralaba)

Merupakan perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan atau jasa.

 

Keuntungan Franchising:

         Pengalaman & Faktor sukses

         Brand dan Reputasi

         Standarisasi Mutu

         Bantuan Manajemen & Teknik

         Perlindungan Wilayah

         Memperoleh manfaat market riset & product development

         Sistem Operasional terstandar

         Resiko gagal lebih kecil

 

 

 

3.      Marketing Mix

§  Product

         Keputusan mengenai produk

            - Merk, Tanda merk, Merk dagang, Hak Cipta

         Keputusan mengenai kemasan

            - Kemasan primer, kemasan sekunder, kemasan pengiriman

 

§  Price

Ø  Beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat harga:

            - Perekonomian

            - Penawaran dan permintaan

            - Persaingan

            - Daya beli masyarakat

            - Pengawasan pemerintah

Beberapa metode penetapan harga

         Cost plus pricing

         Mark Up Pricing

         Penetapan Harga Break Even

         Penetapan Harga dalam hubungannya dengan pasar

 

 

Beberapa strategi penetapan harga

         Penetapan harga psikologis

         Potongan pembelian

         Penetapan harga geografis

         Skiming price

 

 

§  Place

Place (Tempat) atau Distribusi

Tempat atau distribusi fisik berkaitan dengan pengalihan kepemilikan produk dari produsen ke pelanggan.

Margin keuntungan Anda bergantung pada seberapa cepat Anda dapat menyerahkan barang. Semakin cepat produk mencapai titik penjualan, semakin besar kemungkinannya untuk memuaskan pelanggan dan meningkatkan loyalitas merek. Karenanya, faktor Tempat sangat penting dalam memastikan daya saing produk Anda di pasar.

Berikut ini adalah elemen-elemen campuran distribusi:

·         Saluran distribusi

·         Keputusan pergudangan

·         Penanganan produk

·         Logistik

·         Kontrol inventaris

·         Proses pemesanan

·         Cakupan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Promotion

Salah satu stratefi pemasaran 4P ini bertujuan untuk melayani dua tujuan. Pertama, memberi tahu calon pelanggan tentang produk Anda dan kedua, membujuk mereka untuk membeli produk Anda.

strategi promosi dengan demikian akan mencakup berbagai cara yang dapat Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan audiens target. Bauran promosi yang efektif akan memastikan penjualan yang baik dan pemasar harus berusaha untuk menciptakan lingkungan yang kondusif.

Elemen utama bauran promosi adalah:

·         Periklanan

Komunikasi non individu, dengan sejumlah biaya, melalui media yang dilakukan oleh perusahaan, lembaga, atau individu.

Media Periklanan

         Surat kabar

         Majalah

         Radio

         Televisi

         Pos

 

 

·         Penjualan pribadi

§  Persiapan sebelum penjualan (prospecting)

§  Penentuan lokasi pembeli potensial

§  Pendekatan pendahuluan

§  Melakukan penjualan (presentation, handling objection, closing)

§  Pelayanan sesudah penjualan

 

 

 

 

·         Hubungan Masyarakat

o    Biaya dan Ketersediaan tenaga kerja

o    Sikap Masyarakat dan Peraturan

 

·         Pemasaran langsung

Suatu kegiatan bisnis yang menggunakan orang dan mesin untuk mengubah material menjadi produk yang dapat dijual.

Dua jenis perusahaan yang memiliki kegiatan seperti ini:

      - Processing Company

      - Manufacturing Company

 

·         Publisitas -media sosial, cetak, dll.

Merupakan sarana promosi melalui media (bersifat berita)

 

·         Promosi penjualan

o    Peragaan

o    Pameran

o    Hadiah

o    Contoh barang, dsb

 

 

 

Comments

Unknown said…
Terimaksih bisa menambah pengetahuan

MARKETING