Strategi promosi objek wisata “Seganing Waterfall, Goa Gala Gala, Bukit Teletubies” Kec. Nusa Penida Kab.Klungkung

 

Strategi promosi objek wisata

“Seganing Waterfall, Goa Gala Gala, Bukit Teletubies”

Kec. Nusa Penida Kab.Klungkung



 

Oleh:

Robertus Mataufue (201920100023)

 

 

 

 

Managemen Perhotelan dan Pariwisata

Stie Biitm Sahid Bali & Elizabeth International

2021

 

DAFTAR ISI......................................................................................................................................... i

BAB I. 1

PENDAHULUAN.. 1

1.1.       Latar belakang. 1

1.2.       Rumusan Masalah. 1

BAB II. 2

PEMBAHASAN.. 2

2.1        Objek Wisata yang Belum Berkembang dinusa penida. 2

a.      Seganing Waterfall 2

b.      Goa Gala Gala. 3

c.      Bukit Telletubies. 4

2.2        strategi promosi pariwisata Digital 5

BAB III. 7

PENUTUP.. 7

Simpulan. 7

Saran. 7

DAFTAR PUSTAKA.. 8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Pulau Bali merupakan salah satu pulau kecil yang berada dikawasan perairan Indonesia yang diduga sangat besar memberikan dampak bagi dunia kepariwisataan di Indonesia. Daya tarik pulau bali yang mampu membedakanya dengan kawasan lain yang berada di Indonesia antara lain adalah keindahan alam, budaya, serta beragam kuliner yang khas di pulau bali. Beragam dan lengkap pula jenis-jenis tempat wisata yang ada dipulau Bali, mulai dari pantai, sawah-sawah, kawasan hutan dan danau, air terjun, serta kawasan wisata buatan seperti desa wisata juga sudah dikenal dunia.

Nusa Penida merupakan salah kecamatan yang berada di kabupaten klungkung yang memiliki luas 202,84 km2 . Kecamatan Nusa Penida terdiri atas 3 pulau dari 16 Desa yaitu Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, dan Pulau Nusa Ceningan (BPS Kabupaten Klungkung, 2019). yang berbentuk pulau . kunjungan wisatawan favorit bagi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Kecamatan Nusa Penida merupakan wilayah di Bali yang memiliki karakteristik unik yang dilihat dari bentuk wilayah sumber daya alam hayati maupun non hayati selain eksistensi kebudayaan yang ada. Hal ini menjadikan daya tarik tersendiri bagi masyarakat dari berbagai kalangan untuk mengeksplorasi wilayah Nusa Penida. Pulau Nusa Penida sebagai kawasan pariwisata yang berkelanjutan, sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, memperpanjang lama tinggal serta meningkatkan pendapatan masyarakat tanpa mengabaikan kelestarian alam dan budaya di kawasan Pulau Nusa Penida. Terdapat beberapa tempat wisata yang ada dinusa penida yang belum terkenal atau belum terlalu banyak di kunjungi wisatawan asing, karna kurangnya promosi dan strategi yang tepat agar bisa bersaing dengan tempat wisata lainnya.

1.2.   Rumusan Masalah

1.2.1        objek wisata yang belum berkembang di Nusa Penida?

1.2.2        Bagaimana strategi promosi yang tepat untuk mengembangkan objek wisata tersebut?

BAB II

PEMBAHASAN

 

A.    Objek wisata yang belum berkembang dinusa penida

1.      Seganing Waterfall

Air terjun Seganing adalah  salah satu air terjun tersembunyi dan masih belum banyak diketahui oleh banyak wisatawan mancanegara, Air Terjun Seganing biasa disebut Air Terjun Sebuluh oleh warga setempat. Keindahan Air Terjun seganing tak hanya air yang langsung mengalir menuju laut namun juga batuan tingkat yang dialiri air terjun. Waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Seganing ialah ketika musim panas atau kemarau  Dan jalan menuju air terjun seganing membuat diri Anda sedikit takut dengan menuruni sisi tebing mengikuti jalan setapak yang kurang lebih baik. Mata air di Air Terjun Seganing Nusa Penida sangat jernih dan bersih, sehingga Anda dapat menggunakannya mandi atau mencuci wajah. Anda dapat menikmati memancing di sekitaran daratan di sekitar Air Terjun Seganing.

 

 

2.      Goa Gala Gala

Goa Gala gala adalah goa yang belum terlalu di kunjungi oleh wisatawan macanegara  goa gala gala dikenal juga dengan nama Gala gala “underground house”. Perjalanan dari jembatan kuning ke gala gala memakan waktu sekitar5 menit saja. Goa Gala-gala menjadi salah satu destinasi dari sekian banyaknya objek wisata di Bali. Rumah tersebut dibangun pada tahun 1961 dalam kurun waktu sampai 15 tahun oleh seorang jero Mangku Dalang bernama Mangku Byasa, beliau juga berprofesi sebagai petani juga seorang pertapa, proses pengerjaannya pada masa tersebut masih menggunakan alat-alat konvensional seperti linggis, menggunakan banyak kotoran sapi yang dibakar sehingga batu kapur lebih mudah digali, goa tersebut kemudian dijadikan tempat tinggalnya, sebuah maha karya yang sangat pantas untuk dihargai dan dijadikan situs warisan budaya. untuk masuk ke dalamnya anda harus menuruni anak tangga sekitar 2 meter, rumah yang dalam bahas Inggrisnya dinamakan juga Underground House ini, lorongnya sampai pada kedalaman 7 meter dibawah permukaan tanah, didalamnya anda menyusuri lorong-lorong dan juga terdapat sejumlah ruangan dengan fungsi berbeda seperti ada tempat meditasi, ruang tidur, ruang tamu, dapur dan juga sumur.

 

 

 

3.      Bukit Teletubbies

Bukit teletubies adalah bukit yang belum terlalu terkenal dan sedikit dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Nama bukit teletubies tersebut diberikan karena lekukan dan gundukan tanah perbukitan yang menyerupai gunung kecil disertai pemandangan hijau rerumputan di sini tampak seperti pada film Teletubbies yang populer di tahun 2000an. Bukit Teletubbies Nusa Penida diselimuti tanah dengan ketebalan sekitar 50 cm. Itulah mengapa tanah di sini ditumbuhi rerumputan yang memberi nuansa hijau. Jika dilihat dari kejauhan bukit ini memang persis layaknya rumah boneka Teletubbies. Di atas gundukan-gundukan bukit di sini akan nampak pemandangan rumah-rumah penduduk yang tampak kecil dilihat dari kejauhan. Juga pemandangan lautan yang biru tampak seperti bersanding indah dengan latar hijau dari Bukit Teletubbies ini. Sebelum nama populer ini disematkan, bukit hijau ini oleh masyarakat disebut dengan nama Bukit Pohon Gamal. Dinamakan demikian karena banyaknya tumbuhan gamal yang biasa digunakan penduduk lokal sebagai pakan ternak.

 

 

 

Strategi promosi pariwisata yang tepat digunakan untuk perkembangan objek wisata adalah: Digital marketing menurut Heidrick & Struggless (2009:1) adalah perkembangan dari digital marketing melalui web, telepon genggam dan perangkat games, menawarkan akses baru periklanan yang tidak digembor-gemborkan dan sangat berpengaruh. Jadi mengapa para marketer di seluruh Asia tidak mengalihkan penggunaan budget dari marketing tradisional seperti TV, radio dan media cetak ke arah media teknologi baru dan media yang lebih interaktif. akses digital marketing yang digunakan dalam promosinya, yaitu:

a.       Media Sosial

Media Sosial yang digunakan adalah Facebook, Instagram, tiktok, dan Konten Youtube. dengan memamfaatkan berbagai fitur-fitur yang terdapat didalamnya. Dengan mencantumkan informasi secara legkap mulai dari alamat, contact person, link Website, maupun website pemesanan tour objek wisata tersebut. Facebook digunakan dengan memamfaatkan feeds, snapvideo, streaming, halaman promosi dan bergabung dengan berbagai platform pariwisata dengan tujuan mempromosikan objek pariwisatanya. Penggunaan instagram dengan memamfaatkan feeds, igtv, snapgram dan platform-platform pariwisata, sehingga pengenalan objek wisatanya bisa lebih meluas dan dengan adanya kerjasama dengan platform-platform pariwisata tersebut objek wisata akan dikenal secara masal dan cepat apalagi platform tersebut memiliki jumlah pengikut yang banyak. Dan ada juga penggunaan pemasaran melalui Youtube dengan mengundang kreator-kreator untuk ngevlog di tiap tiap destinasi agar lebih berkembang secara cepat.

b.      Website

Website merupakan salah satu alat pemasaran secara online yang masih memegang peranan penting saat ini. promosi digunakan dengan cara memuatkan Website untuk masing-masing objek wisata. Website tersebut akan berisikan halaman informasi yang disediakan melalui internet sehingga bisa diakses oleh siapapun selama terkoneksi internet, Sebuah website layaknya sebuah toko yang dapat menampilkan semua produk dalam satu tempat dengan deskripsi yang lebih banyak ketimbang alat penjualan online lainnya. Biasanya keberadaan sebuah website akan lebih memuaskan rasa ingin tahu pengunjung terhadap sebuah produk. Namun, pengunjung sebuah website tidak akan tiba-tiba datang tanpa dipromosikan sebelumnya. Artinya, mempromosikan website merupakan bagian yang tidak boleh di lewatkan ketika ingin melakukan pemasaran secara online. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan website secara mudah dan cepat. Websitenya dan mudah ditemukan di search engine seperti google, yahoo, bing, atau di search engine yang lainnya, Website yang digunakan adalah Website e-tourism yang berisikan informasi konten, gambar, video seperti tempat wisata.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

Simpulan

 

Nusa penida sangat terkenal dengan pariwisatanya tetapi masih ada beberapa destinasi yang memerlukan promosi, seperti seganing waterfall, goa gala gala, dan bukit teletubis. Kenapa dikatakan belum berkembang karna jumlah wisatawan mancanegara/wisatawan lokal sangat minim berkunjung ke tempat tersebut. Maka dari itu destinasi tersebut memerlukan promosi yang sangat baik

Strategi promosi yang digunakan adalah strategi promosi pariwisata berbasis digital yang menggunakan suatu konsep promosi berbasis digital baik melalui website, Sosial media, agar memudahkan wisatawan mancanegara/ wisatawan lokal untuk mencarinya. Dengan menggunakan media digital Website, media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Youtube. Promosi melalui website dan media sosial setiap konten akan diperbarui secara berskala untuk memberi informasi tentang pembaruan informasi seperti informasi mengenai update tentang wisata tersebut.

Saran

Dalam mengembangkan suatu destinasi wisata membutuhkan dukungan dari beberapa pihak baik itu dari pemerintah, masyarakat sekitar (lokal), maupun Youtuber membantu mempromosikan dengan membuat vlog Bahwa ada destinasi yang patut dikunjungi saat berlibur ke pulau nusa penida.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka

https://www.gonusapenida.com/17-wisata-nusa-penida-wajib-di-kunjungi/

            Dikunjungi 26 maret 2021 pukul 12:00 Wita.

https://www.balitoursclub.net/goa-gala-gala-nusa-lembongan/

            Dikunjungi pada 26 maret 2021 pukul 12.30 Wita

https://www.balitoursclub.net/goa-gala-gala-nusa-lembongan/

            Dikunjungi pada 26 maret 2021 pukul 01.00 Wita

https://www.justaris.com/pengertian-digital-marketing-menurut-para-ahli-strategi-dan-perkembangannya-di-indonesia/#:~:text=Digital%20marketing%20menurut%20Heidrick%20%26%20Struggless,digembor%2Dgemborkan%20dan%20sangat%20berpengaruh.&text=Definisi%20ini%20berkonsentrasi%20pada%20seluruh%20marketing%20tradisional.

            Dikunjungi pada 1 april 2021 pukul 03.00 Wita

https://eticon.co.id/strategi-pemasaran-digital/

            Dikunjungi pada 1 april 2021 pukul 03.30 Wita

 

 

 

Comments

MARKETING